Isabel Diaz Ayuso Menangkan Pemilu Regional Madrid

Isabel Diaz Ayuso Menangkan Pemilu Regional Madrid

Isabel Diaz Ayuso Menangkan Pemilu Regional Madrid – Pemimpin konservatif Spanyol, Isabel Diaz Ayuso, berhasil memenangkan Pemilu Regional Madrid yang berlangsung sengit pada hari Selasa, 4 Mei 2021, waktu setempat. Ia juga dikenal memiliki sikap yang keras terhadap pemerintah Spanyol. Bagaimana awal ceritanya?

Madrid set for early elections after regional government collapses | Euronews

1. Ayuso menggambarkan Pemilu Regional tersebut sebagai pilihan antara sosialisme atau kebebasan

Dilansir dari https://cfagrf.com/, Ayuso berhasil memenangkan Pemilu Regional Madrid di Spanyol telah meraih kemenangan gemilang setelah melewati pertarungan sengit. Meskipun lebih dari 2 kali lipat jumlah kursi Partai Populer (PP), Ayuso masih kalah dari mayoritas dan kemungkinan berakhir dalam aliansi dengan sayap kanan. Dia juga dikenal menentang pemerintah pusat yang dipimpin kaum sosialis dengan menjaga bar dan toko tetap dibuka selama pandemi COVID-19.

Menjelang digelarnya Pemilu Regional, tingkat keamanan semakin meningkat menyusul adanya kabar ancaman pembunuhan terhadap beberapa kandidat saat itu, bahkan saat kampanye berlangsung menjadi sorotan dalam polarisasi politik Spanyol. Sementara Ayuso menggambarkan Pemilu Regional Madrid ini sebagai pilihan antara sosialisme atau kebebasan, lawannya, Pablo Iglesias, dari sayap kiri Unidos Podemos, telah berbicara tentang pilihan antara demokrasi atau fasisme, yang menyoroti potensi keterlibatan partai sayap kanan Vox dalam pemerintahan Madrid di masa depan.

2. Bagi Ayuso, berkoalisi dengan Partai Vox adalah kemungkinan yang nyata

Ayuso sendiri telah berkuasa sejak tahun 2019 lalu dan ini adalah yang kedua kalinya memenangkan Pemilu Regional Madrid, tetapi ia sebelumnya menyerukan digelarnya Pemilu Regional lebih awal pada awal Maret 2021 lalu setelah pemerintah daerah mereka runtuh. Menurut https://116.193.190.241/ Meskipun mengatakan selama kampanye berlangsung bahwa partainya berharap untuk memerintah sendiri, tanpa mayoritas mutlak, berkoalisi dengan Partai Vox adalah kemungkinan yang nyata. Ia mengatakan partainya dengan Partai Vox adalah pihak yang berbeda, tetapi telah menyetujui masalah mendasar dan itu akan terus terjadi.

3. Dampak kemenangan Ayose di Pemilu Regional secara nasional

Pertanyaan yang muncul saat ini adalah apa konsekuensi dari hasil spektakuler ini di kancah nasional. Presiden Partai Populer tingkat nasional sekaligus pemimpin oposisi utama, Pablo Casado, adalah orang pertama yang berbicara pada Selasa, 4 Mei 2021, malam waktu setempat dari balkon markas besar partai di Jalan Genova, Madrid, di ibukota Spanyol. Menurutnya, hari itu Madrid telah menyampaikan mosi tidak percaya terhadap sanchismo, yang mengacu kepada pemerintahan Perdana Menteri Spanyol.

Pada Pemilu Regional ini juga, kubu kaum Sosialis yang semula hanya meraih 37 kursi, kini hanya meraih 24 kursi saja. Tak seperti era sebelum pandemi COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir, jumlah partisipasi untuk ikut serta dalam Pemilu Regional Madrid naik dari 64 persen pada tahun 2019 lalu menjadi 74 persen pada tahun 2021 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *